free glitter text and family website at FamilyLobby.com

Mahasiswaku dari Tahun ke Tahun

Minggu, 30 September 2007

Kunjungan Dosen dan Mahasiswa Ke Singapura dan Malaysia

Pada bulan Pebruary yang lalu, para dosen dan beberapa mahasiswa mendapat kesempatan untuk kunjungan studi ke Singapore dan Malaysia. Di Singapore banyak kami pelajari perencanaan kota di Galery kotanya tepatnya di URA Centre (Urban Redevelopment Authorithy). Sungguh menakjubkan perencanaan di negeri yang tertib dan teratur ini. Produk rencananya sudah disusun sangat detail dan ditunjang dengan peraturan-peraturan pelengkapnya seperti Zoning regulation, jenis-jenis insentif dan dis-insentifnya dll. Pantas saja kota ini begitu tertib dan tertata dengan baik. Tentu saja hal ini juga sangat ditunjang oleh kesadaran warganya akan kehidupan tertib dan teratur karena ancaman denda dimana-mana.

Di Singapura kami juga pelajari sistem transportasi massalnya seperti pelayanan angkutan monorail yang menjangkau seluruh pusat-pusat kegiatan kota. Sistem angkutan pribadi sangatlah tertib, juga pelayanan taxinya tidak ada yang serobot sana serobot sini.


Di Malaysia kami kunjungi Genting Highland, Kawasan Pemerintahan Putera Jaya dan ke Menara Kembar Petronas.

Di Genting kami kunjungi Galerynya untuk mempelajari bagaimana Lim Goh Tong membangun kota wisata dan kota judinya yang berada di atas bukit. Wah yang ini sangat fantastic, rupanya tidak berlaku istilah kawasan lindung disini. Lihat saja dari ketinggian, kemiringan dan skala bangunan yang sangat besar berdiri di atas bukit. Hanya Lim Goh Tong yang bisa membangun seperti ini dengan uang judinya.


Kembali kami terkagum-kagum dengan penataan kawasan pemerintahan Putera jaya yang ditata dengan sangat baik dan dengan arsitektur yang sangat indah. Bukit-bukit dipertahankan untuk pusat penelitian biologi dan danaunya tertata sangat baik dengan sempadan danaunya.




Di Kualalumpur sebagai pusat bisnis, kami sempat jalan-jalan ke menara Petronas untuk melihat Kota Kuala Lumpur dari atas menara lantai 45. Sungguh bikin iri, negara tetangga kita yang dulu para mahasiswanya belajar dari negeri kita ini sekarang dapat membangun dan menata kotanya dengan baik.


Banyak hal yang kami pelajari selama pelajaran di negara tetangga ini, semoga kami bisa membagikan detail cerita dan teori-teori kesuksesan negara tetangga kita ini ke mahasiswa-mahasiswa kami.

Semoga mahasiswa-mahasiswa saya di ITENAS bisa berbuat lebih baik dan lebih bijak dalam menata kota sehingga dapat menghasilkan produk-produk rencana yang lebih bagus dari negara tetangga kita.





Tidak ada komentar: